8 Cara Meningkatkan Kecepatan HP Android


Terkadang ketika kita sedang bermain game atau ingin melakukan kegiatan lain di smartphone,  muncul masalah seperti patah-patah atau biasa disebut lag, nah lag ini berhubungan erat dengan kinerja smartphone, ada beberapa sebab utama penyebab menurunnya performa smartphone salah satunya seperti memori yang penuh, memori yang penuh inilah yang terkadang membuat smartphone kita mengalami lag. Nah di pembahasan kali ini saya akan mengulas penuh bagaimana Cara Meningkatkan Kecepatan HP Android, simak baik-baik ya.



Sebelum terjun ke pembahasan alangkah baiknya kamu mengetahui spesifikasi smartphone yang dimiliki, beberapa smartphone tentu memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, spesifikasi ini lah yang menjadi acuan apakah smartphone itu kuat melakukan perkerjaan berat seperti bermain game atau tidak. Untuk mengetahui spesifikasi smartphone kamu apa dan seberapa cepat performanya bisa coba membuka website GSM Arena, disana terdapat informasi detil terkait smartphone.

Pastikan smartphone kamu up to date
Update terbaru biasanya berisi perbaikan bug dan peningkatan kinerja dan itu bisa membuat smartphone berjalan dengan lancar. Software update bisa di download secara online, caranya tidak terlalu sulit kok.

Buka Settings > About Device > Software Updates dan cek apakah ada update terbaru atau tidak.


Hal yang sama juga berlaku pada aplikasi, jadi buka Google Play Store, buka menu dan klik My apps & games dan pastikan semua aplikasi terupdate.

Bersihkan home screen
Jika kamu menggunakan live wallpaper bisa menggantinya dengan wallpaper solid yang tidak bergerak. Kamu juga harus menghapus icon-icon yang tidak terlalu penting dan juga gunakan widget untuk hal yang penting saja seperti widget cuaca. Semakin sedikit item yang ada di home screen, akan memperlancar performa smartphone.


Uninstall dan disable aplikasi yang tidak penting
Jangan biarkan aplikasi yang tidak penting ada di smarphone kamu deh, itu cuma akan mempersempit memori, Buka Settings > Apps dan swipe sambil pilah-pilih mana yang masih terpakai dan mana yang tidak.

Setelah ketemu bisa langsung klik Uninstall, namun jika tidak ada tombol Uninstall cukup klik Disable saja.


Matikan animasi pada smartphone
Kamu bisa merasakan smartphone menjadi terasa cepat dengan cara mengurangi atau mematikan animasi. Tapi sebelumnya harus menyalakan fitur Developer Options, caranya buka Settings > About Phone dan cari Build Number lalu klik 7 kali. Setelah itu akan muncul Developer Options pada menu settings kamu.


Klik dan scroll kebawah sampai ketemu Window Animation, Transition Animation Scale, dan Animator Duration Scale, ubah ketiganya ke .5x atau off.

Hapus cache aplikasi
Cache pada aplikasi sebenarnya membuat aplikasi itu sendiri lebih cepat loading nya, namun jika cache menumpuk bisa mempersempit ruang memori smartphone. Kamu bisa hapus cache pada aplikasi yang jarang dibuka. Caranya buka Settings > Apps dan pilih aplikasi lalu Clear Cache.


Matikan sinkronisasi (auto-sync)
Sebagian orang menyimpan lebih dari satu akun di androidnya, akibat dari proses sinkronisasi yang terjadi di background mengakibatkan baterai cepat habis, kuota tersedot lebih cepat, dan penurunan performa smartphone, hal itu terjadi karena proses sinkronisasi terjadi di background yang artinya proses bertukar data otomatis terjadi walaupun kita sedang tidak membuka smartphone.

Kamu bisa mematikan sync dengan buka Settings > Accounts lalu pilih akun mana yang tidak perlu di sync. Atau bisa dengan buka panel notifikasi dan pastikan sync nya mati.


Melakukan wipe cache partition
Cache inilah yang biasanya paling banyak menumpuk, untuk menghapusnya kamu perlu masuk ke Recovery mode. Cara untuk masuk ke Recovery mode berbeda-beda setiap smartphone, kamu bisa cari cara tersebut di Google Search. Ketika berada di Recovery mode kamu hanya bisa memilih menggunakan tombol volume dan tombol power, tombol volume naik untuk keatas, tombol volume turun untuk kebawah, dan tombol power untuk mengklik. Setelah itu pilih Wipe Cache Partition.


Lakukan reset smartphone
Nah, cara yang terakhir inilah yang paling ampuh dalam meningkatkan performa smartphone kamu, saya menyarankan agar reset bisa dilakukan minimal setahun dua kali, tapi penting untuk diingat sebelum melakukan reset alangkah baiknya melakukan backup data agar data kamu tidak hilang. Kamu bisa reset di Settings > Backup & reset > Factory data reset.


Setelah membaca keseluruhan artikel diatas kamu bisa langsung coba di smartphone kamu, sebenarnya ada beberapa aplikasi yang dapat mempercepat performa smartphone, seperti game booster. Namun, aplikasi pihak ketiga itu biasanya akan memaksa smartphone memacu performa secara maksimal sehingga di khawatirkan dapat memperpendek umur baterai.

Cukup sekian tutorial 8 Cara Meningkatkan Kecepatan HP Android. Jika kalian ingin bertanya bisa langsung tulis komentar dibawah ini dan jangan lupa share artikel ini ke teman kalian. Terimakasih telah membaca artikel saya, nantikan update terbaru di Cynef Tech ya.

Tidak ada komentar untuk " 8 Cara Meningkatkan Kecepatan HP Android"

Berlangganan via Email