Cara membuat Kartu Kuning bagi pekerja

Perhatian! Cara membuat Kartu Kuning bagi pekerja
Cara membuat Kartu Kuning bagi pekerja

Salah satu persyaratan yang sering diminta oleh perusahaan untuk bisa dimiliki oleh para pelamar pekerjanya adalah Kartu Kuning pekerja. Mungkin masih ada beberapa orang yang belum mengetahui dengan pasti apa itu kartu kuning dan Cara Membuat Kartu Kuning itu sendiri.
Sebagai masyarakat yang baik dan juga sebagai pekerja yang membantu pertumbuhan di Indonesia maka sudah sewajibnya mematuhi segala peraturan yang dimiliki di Indonesia sebagai seorang pekerja.

Kartu kuning  merupakan salah satu kartu yang sering diminta pada saat melamar pekerjaa dikarenakan kartu kuning merupakan tanda sebagai pencari kerja yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah terutama di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnaker masing masing kota atau kabupaten.
Mengapa dikatakan kartu kuning hal ini dikarenakan warna kartunya ebrwarna kuning dan juga sebagai tanda seorang pencari kerja asal Indonesia yang akan masuk disuatu instansi atau perusahaan yang ada di Indonesia.
Permintaan kepemilikan Kartu KUning biasanya dibutuhkan bagi para pelamar yang bersfiat independen seperti misalnya ikut dalam pendaftaran sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS lalu juga BUMN atau badan usaha milik Negara hingga perusahaan perusahaan swasta yang ada di Indonesia dan mengharuskan pelampiran syarat dokumen kartu kuning.
Didalam kartu kuning terdapat beberapa keterangan atau informasi yang bisa didapatkan seperti nomor pencaker dan juga nomor kependudukan. Kartu kuning ini sudah tersedia dalam dua halaman dimana bagian utama tercatat nomor pencaker dan nomor kependudukan, foto dan juga tanda tangan pencari kerja serta terdapat kolom kewajiban pencari kerja melapor sebanyak 4 kali dalam 2 tahun. Lalu dibagian halaman kedua anda bisa mendapatkan data diri lengkap pencari kerja seperti nama, tanggal lahir, jenis kelamin, status, agama, alamat, daftar pendidikan formal maupun non formal dan tanda tangan dari si pengantar kerja yaitu pihak Disnaker Kota atau Kabupaten.

Perlu anda ketahui bahwa kartu ini bisa berlaku selama 2 tahun  dan keharusan untuk melapor setiap enam bulan sekali.
Nah pada pembuatan kartu kuning anda pun harus memenuhi beberapa syarat yang cukup mudah diantaranya anda harus memiliki fotokopi KTP yang masih berlaku, fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang sudah dilegalisir, lalu fotokopi sertifikat kompetensi kerja bagi yang sudah memiliki, fotokopi surat keterangan pengalaman kerja bagi yang memiliki serta pas foto terbaru berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.
Lalu bagi anda yang ingin memperpanjang kartu kuning anda cukup membawah tambahan fotokopi kartu kuning yang lama disisipkan didalam file tersebut. Cara pembuatannya pun sangat sangat mudah yaitu anda cukup datang ke kantor Disnaker atau kantor yang melayani dalam pembuatan kartu kuning di Kota atau Kabupaten kamu setelah itu jangan lupa gunakan pakaian yang rapi serta formal dan ingat tidak boleh diwakilkan oleh siapapun.
Pada saat berada di kantor dinas anda bisa mengisi buku tamu di kantor Disnaker dan memerikas ulang apakah berkas yang anda bawa sudah lengkap atau belum. Setelah itu anda bisa mengambil nomor antrian dan tunggu sampai nomor anda dipanggil. Nanti anda bisa mengisi biodata diri dan juga menyerahkan beberapa dokumen persyaratan yang sudah disiapkan sebelumnya.

Lalu nantinya anda akan diminta untuk melakukan konseling atau wawancara secara langsung oleh petugas mengenai bakat dan minat anda dan kemampuan anda dalam pencari kerja. Setelah selesai kamu dapat kartu kuning dihari yang sama. Mudah bukan cara membuat kartu kuning?

Tidak ada komentar untuk "Cara membuat Kartu Kuning bagi pekerja"

Berlangganan via Email